Senin, 09 Oktober 2017

Jeruk Keprok Bermanfaat Bagi Tubuh Manusia

BUAH KEPROK / JERUK KEPROK
==============================>

Buah jeruk keprok merupakan buah-buahan dari keluarga jeruk. Jeruk ini biasa disebut juga dengan citrus reticulata yang memiliki pohon dengan tinggi 2 hinnga 8 meter. Kemudian bentuk daunnya bulat memanjang dan bergerigi. Tanaman ini merupakan tanaman asli Melayu (Malaysia-Indonesia), Tetapi dengan penyebarannya saat ini telah mencapai semua daerah subtropis maupun tropis yang ada di dunia.

Buaj jeruk yang anda konsumsi saat ini pasti memiliki nutrisi sehat bagi kesehatan. Jeruk memiliki kandungan gizi sempurna sebagai buah yang memiliki nutrisi paling sehat dalam tubuh.

Kandungan Gizi

Jeruk memiliki berbagai kandungan gizi yang sangat tinggi, tidak hanya vitamin C dalam 180 gr buah jeruk, juga terdapat nutrisi lainnya seperti

    Protein,
    kalori,
    serat yang sangat tinggi.

Nah, selain mengandung nutrisi yang paling baik untuk tubuh yang sangat populer seperti Vitamin C. Jeruk mengandung sejuta gizi dan mineral yang penting untuk perkembangan gizi anak dan dewasa.

Manfaat Jeruk Keprok. Ternyata jeruk satu ini yang keberadaannya sangat melimpah dinegara kita memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan sampai-sampai para ilmuan dari University of Western Ontario menjuluki jeruk keprok dengan label Super Food sebab hasil penelitian klinis mereka menunjukkan bahwa jenis jeruk ini memiliki manfaat bagi kesehatan manusia. Manfaat  jeruk keprok ini memang cukup menggembirakan mengingat  bahwa keberadaannya di Indonesia termasuk melimpah dan bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau. 

manfaat dan khasiat buah jeruk keprok untuk kesehatan ? Berikut ini ulasannya.

Buah Jeruk Keprok, Khasiat Jeruk Keprok, Manfaat Jeruk Keprok
1. Mengurangi resiko kanker

Jeruk keprok memiliki kandungan vitamin C yang sangatlah ideal dan telah menjadi aspek utama untuk menghindari dari penyakit kanker. Apabila anda mengonsumsi jeruk dengan teratur, maka anda akan terjauhi dari resiko terkena kanker. Vitamin C sendiri sangatlah baik sekali karena bisa membuat perlindungan DNA yang telah terjalin melalui kerja sama yang sangatlah baik pada vitamin C dan karotenoid, cyanidin-3 glucosida dan juga flavonoid yang telah membantu anda untuk menjaga antioksidan yang ada di dalam tubuh. Tentu, dengan hal ini akan membuat pembentukan sel kanker akan terhindari.

2. Melindungi kolestrol

Buah ini juga telah kaya akan nobiletin yang dipercaya bisa melindungi kandungan kolestrol dan juga akan membuat berat badan menjadi lebih ideal. Hal ini terjadi karena nobiletin telah membuat badan menjadi lebih peka terhadap insulin dan juga lemak. Hal inilah salah satu manfaat jeruk keprok yang perlu untuk anda ketahui.

3. Melindungi tenaga

Buah jeruk keprok memiliki kandungan vitamin B kompleks yang berguna sekali untuk melindungi tenaga dan juga melindungi saraf. Sebagian dari type vitamin B kompleks bisa untuk ditemukan pada jeruk seperti vitamin B1, B2, B3, B5 dan folat. Tidak seluruhnya buah telah memiliki kandungan vitamin B-kompleks, malah vitamin ini sangatlah jarang ditemukan di dalam buah-buahan lainnya. Oleh karena itu, mengonsumsi buah ini sangatlah baik sekali jika dikonsumsi dengan teratur,

4. Melindungi kesehatan gigi

Meskipun buah ini termasuk jenis buah yang manis, tetapi buah ini sangatlah aman untuk dikonsumsi dan tidak akan merusak gigi anda. Hal ini terjadi karena vitamin A yang ada di dalam jeruk keprok ini sangatlah baik untuk melindungi kesehatan gigi anda.

5. Mengurangi peradangan

Sebuah penelitian telah mengatakan bahwa jika kita mencukupi kebutuhan vitamin C di dalam tubuh, maka bisa mengurangi resiko peradangan. Jika berbicara penyakit peradangan biasanya sebagian terjadi penyakit radang sendi pada umumnya.

6. Melindungi jantung

Buah jeruk keprok ini memiliki kandungan yang sangatlah baik salah satunya merupakan antioksidan. Kerja sama antar sumber antioksida yang ada di dalam buah ini sangatlah baik sekali dan bisa memberikan perlindungan terhadap jantung.


Jenis obat yang paling sering diresepkan untuk penyakit jantung, dapat menyebabkan kadar kalium meningkat dalam darah. Makanan tinggi kalium seperti jeruk dan pisang harus dikonsumsi dalam jumlah sedang saat mengambil obat beta-blocker. Mengkonsumsi terlalu banyak kalium dapat berbahaya bagi orang yang ginjalnya tidak berfungsi dengan baik. Bila ginjal tidak mampu mengeluarkan kelebihan kalium dari darah, bisa berakibat fatal.

Jeruk keprok atau Citrus reticulata adalah jenis pohon dengan tinggi 2-8 meter, dengan daum bulat memanjang (elips) dan bergerigi. Tanaman jeruk keprok Merupakan tanaman asli dari Melayu, tetapi penyebarannya saat ini sudah meluas hampir disemua daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia. Jeruk keprok dapat tumbuh baik dengan temperatur suhu optimal antara 25-30 oC, namun ada yang masih dapat tumbuh normal pada 38 oC. Tanaman Jeruk keprok memerlukan daerah tumbuh dengan temperatur 20 derajat C. Dan semua jenis jeruk tidak menyukai tempat yang terlindung dari sinar matahari. Kelembaban optimal untuk tumbuh jeruk keprok sekitar 70-80%. Kandungan senyawa kulit Jeruk keprok bersifat antikanker Kulit jeruk keprok (Citrus reticulata) mempunyai berebagai macam senyawa kimiawi, diantaranya: Tangeraxanthin, Tangeritin, Terpinen-4-ol, Terpineolene, Tetradecanal, Threonine, Thymol, Thymyl- methyl-ether, Tryptophan, Tyrosine, Nobiletin, Cis-3-hexenol, Cis-carveol, Citric-acid, Citronellal, Citronellic-acid, Citronellyl-acetate, Cystine, Decanal, Decanoic- acid, Decanol. Penelitian telah menunjukkan jika senyawa pada kulit jeruk Keprok memiliki sifat antikanker, yaitu senyawa tangeritin dan nobiletin. Tangeritin merupakan senyawa methoxyflavone yang memiliki potensi sebagai agen antikanker. Pada penelitian secara invitro menunjukkan peniadaan terhadap sel kanker dengan menginduksi apoptosis pada sel leukemia. Tangeritin dapat menghambat aktivitas sel kanker pada fase G1 sehingga siklus selnya terhambat. Pan dan rekan pada tahun 2002 melaporkan bahwa polimetoksi flavonoid (tangeretin) yang terdapat pada kulit jeruk, dapat menginduksi G1 arrest dengan adanya peningkatan ekspresi CDK inhibitors seperti p27, p21 pada colon cacer cell line (COLO 205)

Jeruk manis merupakan sumber antioksidan yang kaya dengan berbagai macam bioaktif yang memiliki kekuatan sebagai antioksidan. Ada lebih dari 170 macam fitonutrisi dan 60 macam flavonoid pada jeruk keprok. Flavonoid yang paling banyak ditemukan adalah hesperitin, narigin, antosianin, asam hidroksi sinamat, dan berbagai macam polifenol.Tak hanya daging buahnya saja yang mengandung senyawa berkhasiat, namun juga kulitnya. Kulit jeruk keprok mengandung polvmethoxylated flavon (PMFs) yang merupakan antioksidan dengan kekuatan yang sangat hebat. Kemampuannya mengungguli hesperidin dan narigin yang terdapat pada daging buahnya.

Jeruk keprok merupakan buah yang memiliki kualitas vitamin C unggul. Efektivitas vitamin C tersebut semakin meningkat dengan adanya kandungan hesperetin yang memiliki efek untuk menguatkan kinerja biologis vitamin C terutama dalam menjalankan perannya sebagai antioksidan.Fakta Mengenai Buah Jeruk

    Jeruk adalah salah satu tanaman buah terbesar di dunia
    Brasil penghasil jeruk terbesar di dunia
    Rasa jeruk adalah favorit ketiga di dunia setelah cokelat dan vanila.

Namun hal yang terpenting dari semua ini adalah pola makan secara keseluruhan yang dalam pencegahan penyakit dan mencapai kesehatan yang baik. Lebih baik mengkonsumsi makanan dengan beragam daripada berkonsentrasi pada hanya satu jenis makanan. Nikmatilah manfaat buah jeruk sebaik mungkin, salam sehat.Dan perlu juga untuk kita ketahui ternyata jeruk keprok memiliki fungsi yang sangt besar untuk membantu para pria di dunia karna ternyata jeruk keprok memiliki khasiat serta manfaat yang sama dengan Obat Forex yaitu ampu membangkitkan stamina energi dan ereksi pada jaringan organ vitalitas agar selalu sehat kuat perkasa bahkan juga mampu membantu memperbaiki sistem fungsi dan kinerja yang terdapat pada organ vitalitas . Jeruk ini memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan karena kandungan vitamin yang ada di dalam buahnya. Untuk kandungan yang ada di dalamnya yaitu vitamin A, B1, B2 dan C, alkaloid, polifenol, flavanoida, pektin, coumarin, saponin, asam folat, minyak atsiri, zat besi, kalium, potassium, fosfor, kalsium, nobiletin dan masih banyak lagi kandungannya. Tentu dengan kandungan tersebut yang ada di buah ini memiliki berbagai macam jenis manfaat dan khasiat

Selain dikonsumsi langsung, buah jeruk juga sangat banyak diolah menjadi berbagai produk-produk. Hal Ini karena buah jeruk merupakan tanaman yang banyak dibudidayakan, sehingga mudah untuk mendapatkannya. Jeruk juga menjadi buah yang banyak dikonsumsi di berbagai variasinya seperti jeruk nipis, lemon dan jeruk bali.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Macam Mcam Produk

BANK PEMBAYARAN TRANSFER

JASA PENGIRIMAN PAKET

BARANG AMAN BERGARANSI